Tentang BMW E90 LCI
BMW E90 LCI
Dimulai pada akhir tahun 2005, BMW E90 hadir di tanah air Indonesia, yang secara langsung diimpor (CBU) di bawah naungan dan tanggung jawab BMW Indonesia sebelum mobil ini dirakit secara lokal. Unit CBU dengan kelebihan utamanya yaitu adanya perlengkapan sunroof dan engine push start button sebagai standar.
Untuk tipe-tipenya, pertama kali muncul melalui tipe 320i, 325i dan 330i yang sangat terbatas kehadiranya. Tipe 320i kebanyakan dijual dalam pilihan trim business, lifestyle, executive, sport, dan ultimate. Untuk tipe 320i, dibekali mesin N46B20 dengan kapasitas 2.000 cc, 325i dengan mesin N52B25 kapasitas 2.500cc sedangkan tipe 330i mengusung mesin N52B30 yang berkapasitas 3.000cc. Pada generasi ini, BMW kembali menggunakan kode nama mesin untuk setiap tipe sesuai dengan tata nama yang sebelumnya pernah tidak tertata pada generasi E36 dan E46.
Selanjutnya, dengan cara melakukan facelift di tahun 2009 BMW melakukan sebuah inovasi. Facelift pada generasi ini lebih dikenal dengan alias Life Cycle Impulse atau disingkat LCI. Di periode ini, BMW telah menghapus versi lifestyle, sehingga kini hanya ada versi trim Business, Executive, Sport, Ultimate.
Disini, tipe 325i menjadi tipe tertinggi karena tipe 330i yang hanya dapat dibeli lewat orderan khusus ke dealer BMW. Di sektor dapur pacu, BMW menggantikan mesin 320i yang awalnya menggunakan kode N46B20 kini adalah N43B20, dan mesin 325i yang awalnya berkode N52B25 menjadi N53B25. Sedangkan 330i facelift yang dibekali mesin baru tidak lagi dijual di pasaran Indonesia dikarenakan minimnya peminat dan juga harganya yang sangat mahal untuk ukuran pasar Indonesia.
Di pembagian sedan kompak eksekutif, BMW E90 yang posisi marketnya di bawah BMW E60 Seri-5 ini mendapatkan persaingan yang cukup dahsyat dari para rivalnya. Beberapa rival E90 antara lain adalah Audi A4 B7, Audi A4 B8 dan Mercedes W204 C-Class, Peugeot 407 Sedan, serta Volvo S40 Gen2.
Sedangkan rival yang berada di kubu pabrikan Jepang terdapat Honda Civic FD, Toyota Corolla Altis Gen2, dan juga Mitsubishi Lancer EX. Hingga akhirnya penjualan BMW E90 pada tahun 2012 akhirnya dihentikan setelah BMW F30 dikenalkan ke hadapan publik sebagai generasi keenam dari BMW Seri-3.
BMW E90 yang sangat bergeming di kelas sedan kompak eksekutif ini di desain Joji Nagashima yang merupakan desainer profesional asal Jepang, dimana desain BMW E90 sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 2002.
Sedangkan untuk varian converible dan coupe di desain oleh Marc Michael Markefka. Terdapat sedikit perubahan pada sistem penamaan berdasarkan body style pada generasi ini. Setiap varian generasi kelima dari BMW Seri-3 mengenakan kode body yang berbeda pada ujungnya dengan kode awalan tetap E9. Diantaranya adalah BMW E90 versi sedan, E91 versi Wagon, E92 versi Coupe dan E93 untuk versi Convertible. Berbeda dengan generasi sebelumnya dimana seluruh varian menyandang kode E46.
Sedangkan untuk varian converible dan coupe di desain oleh Marc Michael Markefka. Terdapat sedikit perubahan pada sistem penamaan berdasarkan body style pada generasi ini. Setiap varian generasi kelima dari BMW Seri-3 mengenakan kode body yang berbeda pada ujungnya dengan kode awalan tetap E9. Diantaranya adalah BMW E90 versi sedan, E91 versi Wagon, E92 versi Coupe dan E93 untuk versi Convertible. Berbeda dengan generasi sebelumnya dimana seluruh varian menyandang kode E46.
Untuk tipe-tipenya, pertama kali muncul melalui tipe 320i, 325i dan 330i yang sangat terbatas kehadiranya. Tipe 320i kebanyakan dijual dalam pilihan trim business, lifestyle, executive, sport, dan ultimate. Untuk tipe 320i, dibekali mesin N46B20 dengan kapasitas 2.000 cc, 325i dengan mesin N52B25 kapasitas 2.500cc sedangkan tipe 330i mengusung mesin N52B30 yang berkapasitas 3.000cc. Pada generasi ini, BMW kembali menggunakan kode nama mesin untuk setiap tipe sesuai dengan tata nama yang sebelumnya pernah tidak tertata pada generasi E36 dan E46.
Selanjutnya, dengan cara melakukan facelift di tahun 2009 BMW melakukan sebuah inovasi. Facelift pada generasi ini lebih dikenal dengan alias Life Cycle Impulse atau disingkat LCI. Di periode ini, BMW telah menghapus versi lifestyle, sehingga kini hanya ada versi trim Business, Executive, Sport, Ultimate.
Disini, tipe 325i menjadi tipe tertinggi karena tipe 330i yang hanya dapat dibeli lewat orderan khusus ke dealer BMW. Di sektor dapur pacu, BMW menggantikan mesin 320i yang awalnya menggunakan kode N46B20 kini adalah N43B20, dan mesin 325i yang awalnya berkode N52B25 menjadi N53B25. Sedangkan 330i facelift yang dibekali mesin baru tidak lagi dijual di pasaran Indonesia dikarenakan minimnya peminat dan juga harganya yang sangat mahal untuk ukuran pasar Indonesia.
Di pembagian sedan kompak eksekutif, BMW E90 yang posisi marketnya di bawah BMW E60 Seri-5 ini mendapatkan persaingan yang cukup dahsyat dari para rivalnya. Beberapa rival E90 antara lain adalah Audi A4 B7, Audi A4 B8 dan Mercedes W204 C-Class, Peugeot 407 Sedan, serta Volvo S40 Gen2.
Sedangkan rival yang berada di kubu pabrikan Jepang terdapat Honda Civic FD, Toyota Corolla Altis Gen2, dan juga Mitsubishi Lancer EX. Hingga akhirnya penjualan BMW E90 pada tahun 2012 akhirnya dihentikan setelah BMW F30 dikenalkan ke hadapan publik sebagai generasi keenam dari BMW Seri-3.
Komentar
Posting Komentar