ORGANISASI INTERNASIONAL

latar belakang.
•pengertian opec
opec(organization of the petrolium exporting countries)adalah sebuah organisasi internasional yang terdiri dari negara negara pengexpore minyak bumi terbanyak di dunia opec merupakan organisasi permanen antar pemerintah yang di dirikan melalui konferensi baghdad pada tanggal 10-14 september 1960 oleh lima negara sumber minyak bumi raksasa yaitu iran,irak,kuwait dan arab 

Pengertian Organisasi internasional adalah sebuah organisasi yang dibentuk masyarakat dunia yang terdiri dari beberapa negara dengan tujuan untuk menciptakan tata hubungan internasional yang lebih baik dalam aspek ekonomi, sosial budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi, keamanan, dan lainnya.
Pengertian Organisasi Internasional Menurut Para Ahli
  • Menurut N.A. Maryam GreenOrganisasi Internasional adalah Organisasi yang dibentuk berdasarkan sebuah perjanjian di antara tiga atau lebih negara.
  • Menurut D.W. Bowett -> Organisasi permanen yang dibentuk berdasarkan traktat yang lebih bersifat multilateral daripada bilateral dan memiliki kriteria tujuan tertentu.
  • Menurut Boer Mauna : Perhimpunan negara-negara merdeka dan berdaulat yang memiliki tujuan meraih kepentingan bersama melalui organ-organ yang ada dalam perhimpunan tersebut.


    Fungsi Organisasi Internasional

    Setiap organisasi memiliki fungsi khusus yang berbeda, tetapi secara umum, organisasi internasional memiliki delapan fungsi di bawah ini.

    1. Fungsi Artikulasi dan AgregasiOrganisasi internasional bisa menjadi forum diskusi dan negosiasi sehingga setiap anggota bisa menjalankan proses artikulasi dan agregasi kepentingan negaranya dalam konteks hubungan internasional.
    2. Fungsi NormaOrganisasi internasional dapat menetapkan nilai dan prinsip-prinsip kemanusiaan yang wajib dipatuhi tidak saja oleh para anggotanya, tetapi juga seluruh dunia.
    3. Fungsi RekrutmenOrganisasi internasional juga memiliki fungsi penting dalam merekrut partisipan dalam sistem perpolitikan internasional.
    4. Fungsi SosialisasiFungsi sosialisasi sebuah organisasi internasional dilakukan dengan cara mentransfer nilai-nilai tertentu kepada seluruh anggotanya yang dijalankan secara sistematis.
    5. Fungsi Pembuatan KeputusanKeputusan yang dibuat organisasi internasional biasanya ditetapkan dengan mempertimbangkan dan merujuk pada tindakan di masa lalu, perjanjian ad hoc, dan sebagainya.
    6. Fungsi Pengesahan PeraturanOrganisasi internasional juga berfungsi mengesahkan berbagai macam aturan yang akan diberlakukan dalam sistem internasional, berkaitan dengan lembaga kehakiman yang memiliki fungsi yudikatif.
    7. Fungsi InformasiSetiap negara anggota organisasi internasional memiliki peran yang sama dalam mencari, mengumpulkan, mengolah, dan menyebarkan informasi dalam rangka kepentingan umum.
    8. Fungsi OperasionalDalam organisasi PBB, terdapat beberapa organisasi yang menjalankan fungsi operasional, seperti UNICEF (perlindungan anak) dan UNHCR (mengatasi masalah pengungsi). Selain itu, ada juga organisasi internasional dengan fungsi pendanaan seperti World Bank.

Komentar